Penerimaan SMM dan SPMPD Tahun 2020

A. Beranda

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Mahasiwa Mandiri (SMM), dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Diploma (SPMPD).

SMM dan SPMPD Universitas Sumatera Utara merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Sumatera Utara dalam bentuk ujian tertulis berbasis komputer. Pada tahun 2020 pelaksanaan SMM dan SPMPD dilakukan secara serentak. Terdapat perbedaan dari pelaksanaan dari tahun sebelumnya yaitu Peserta ujian SMM dapat memilih sebanyak 6 pilihan program studi dengan rincian 3 program studi pada program S1 dan 3 program studi pada program Diploma. Sedangkan peserta ujian SPMPD hanya dapat memilih sebanyak 3 program studi pada program Diploma.

Proses Seleksi terlebih dahulu dilakukan pada SMM untuk jenjang Sarjana. Bagi peserta SMM yang tidak lulus pada program jenjang sarjana maka akan diseleksi lagi pada SPMPD untuk jenjang Diploma.


B. Tujuan

  1. Memberikan kesempatan bagi siswa SMA/MA/SMK yang belum berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri dalam seleksi SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2020.
  2. Meningkatkan angka partisipasi aktif masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi.
  3. Memenuhi kebutuhan stakeholder


C. Kontak

HELPDESK UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Pusat Pelayanan Terpadu Biro Rektor USU
Jalan Dr. T. Mansyur No. 9
Telepon 082164590174/082164590173
Email: puml@usu.ac.id